humas@ukrimuniversity.ac.id 0274496256

Mahasiswa magang di Prodi Fisika dari Jerman

Beranda >Berita >Mahasiswa magang di Prodi Fisika dari Jerman

Keluarga Besar UKRIM menyambut dengan hangat kehadiran Tobias Werner, mahasiswa University of Applied Science Heilbronn di Jerman, di kampus UKRIM. Tobias yang berasal dari kota Vaihingen/Enz (dekat kota Stuttgart) adalah mahasiswa semester V di program studi Mechatronic. “Mas Tobias” akan berada di kampus UKRIM selama kurang lebih 6 bulan untuk menjalankan program magang dari perguruan tingginya di bawah bimbingan Bapak Daniel Pianka M.Sc., dosen tamu UKRIM yang berasal dari Jerman. Beberapa proyek yang akan dikerjakan oleh Mas Tobias sehubungan dengan program magangnya di UKRIM antara lain adalah memasang instalasi untuk sistem monitoring pembangkit listrik tenaga surya berkapasitas 10 kWH yang dimiliki UKRIM serta menganalisa data yang dikumpulkan oleh sistem monitoring tersebut. Kehadiran Mas Tobias di UKRIM difasilitasi oleh program Changement dari Christian Services International (CFI), sebuah INGO di Jerman yang telah menjalin kerjasama dengan UKRIM dalam berbagai bentuk, termasuk pengutusan dosen, sejak tahun 1990an. Mas Tobias adalah mahasiswa Jerman ke 8 yang melaksanakan program magang di UKRIM dalam 4 tahun terakhir.

Tobias telah mengunjungi beberapa negara, termasuk Afrika Selatan beberapa kali. Ini adalah kunjungannya yang pertama ke Indonesia. Ketika ditanya apa kesan pertamanya pada waktu dia menjejakkan kaki untuk pertama kalinya di Yogya, Mas Tobias menjawab secara spontan: “Chaotic but lovely”. Herzlich Willkommen, Tobias!

Sebelum ini Gerson Kerner bekerja sama dengan dosen tamu utusan dari pemerintah Jerman untuk Program Studi Fisika di UKRIM, Daniel Pianka, selama enam bulan dari Maret hingga September 2018.Gerson adalah mahasiswa dari Hochschule Bochum di Jerman.

Merve Can, mahasiswi S2 di bidang Renewable Energies dari University of Stuttgart dan Malena Steffens, mahasiswa S1 di bidang Environmental Engineering dari University of Applied Sciences di Darmstadt, juga melakukan internship di Prodi Fisika UKRIM dari bulan September hingga December 2017.

Kegiatan Mendatang